RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas
: X
Alokasi
Waktu
: 2 x Pertemuan ( 4 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
1.1.1
Menunjukan rasa syukur terhadap Tuhan
YME. akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan nya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia.
|
2.2.1
Menunjukkan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan
impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
|
3.1 Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.3.1 Menjelaskan
pengertian teks Anekdot. (C1)
|
3.3.2 Menemukan
ketepatan isi teks Anekdot. (C4)
|
|
3.3.3 Menemukan
aspek makna tersirat dalam teks Anekdot. (C4)
|
|
4.1 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks Anekdot.
|
4.4.1 Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna
tersirat. (C5)
|
4.4.2 Menyusun kembali teks
Anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks Anekdot yang dibaca.
(C6)
|
C. Materi Pembelajaran
1. Definisi teks Anekdot.
2. Struktur isi dan ciri kebahasaan teks Anekdot.
3. Teks Anekdot.
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
·
Guru mengajak peserta didik untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahami pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di
pelajari.
|
10 menit
|
2.
|
Inti
|
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
·
Tugas 1: Menganalisis ketepatan isi teks Anekdot.
·
Tugas 2: Mencari dan memahami unsur teks Anekdot.
·
Tugas 3: Mencari makna tersirat dalam teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·
Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi
Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi
oleh teman sekelas.
Generalisasi
·
Menyimpulkan fungsi teks Anekdot.
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45
menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
·
Guru
menyampaikan keterkaitan pembelajaran hari ini dan pembelajaran sebelumnya.
·
Guru memberikan motivasi pada siswa.
·
Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di
pelajari.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
Tiap-tiap anggota kelompok menerima tugas:
·
Tugas 1: Menilai isi dan aspek makna
tersirat dalam teks Anekdot
·
Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·
Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi
Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi
oleh kelompok lain.
Generalisasi
·
Menyimpulkan teks Anekdot yang disusun.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
|
10 menit
|
E. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
: Observasi
Guru mengamati kegiatan Peserta didik selama dalam proses pemebelajaran.
Lembar
Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Proaktif
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
Rubrik
penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan yang cukup sering dan mulai konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan secara terus-menerus dan konsisten
|
4
|
Skor akhir = Total
skor X 100 =.........
Bobot mak
b. Penilai Pengetahuan
: Tes
tertulis/lisan
menilai kemampuan
Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks
anekdot baik secara lisan maupun tulisan.
c. Penilaian
Keterampilan :
Secara individual Peserta
didik diminta menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan.
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media : Power Point/LCD
2. Bahan : Lembar
Kerja Siswa (LKS)
3. Sumber Belajar :
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
Mengetahui:
Sabtu, 02 Desember 2017
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
Muhammad
Ikhwan Q.
Muhamad
Iqbal
NIP. …
Baik
BalasHapus