Kamis, 07 Desember 2017

RPP K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
Sekolah                                       : SMA ...
Mata pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas                                           : X
Alokasi Waktu                            : 2 x Pertemuan ( 4  x 45 menit)
                                                                                                                                                
A.  Kompetensi Inti (KI)

KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
            Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.1.1        Menunjukan rasa syukur terhadap Tuhan
YME. akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot.
2.1  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia.
2.2.1        Menunjukkan sikap tanggung jawab,  peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial.
3.1  Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat.
3.3.1  Menjelaskan pengertian teks Anekdot. (C1)
3.3.2  Menemukan ketepatan isi teks Anekdot. (C4)
3.3.3  Menemukan aspek makna tersirat dalam teks Anekdot. (C4)
4.1  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks Anekdot.
4.4.1  Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat. (C5)
4.4.2  Menyusun kembali teks Anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks Anekdot yang dibaca. (C6)

C.  Materi Pembelajaran
1.    Definisi teks Anekdot.
2.     Struktur isi dan ciri kebahasaan teks Anekdot.
3.    Teks Anekdot.

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1.
Pendahuluan
Apersepsi
·    Guru mengajak peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami pada pertemuan sebelumnya.
·    Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
10 menit
2.
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·        Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
·         Tugas 1: Menganalisis  ketepatan isi teks Anekdot.
·         Tugas 2: Mencari dan memahami unsur teks Anekdot.
·         Tugas 3: Mencari makna tersirat dalam teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·           Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh teman sekelas.
Generalisasi
·         Menyimpulkan fungsi teks Anekdot.
70 menit
3.
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·         Guru menyampaikan keterkaitan pembelajaran hari ini dan pembelajaran sebelumnya.
·         Guru memberikan motivasi pada siswa.
·         Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
10 menit
2
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·        Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
Tiap-tiap  anggota kelompok menerima tugas:
·         Tugas 1: Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks Anekdot
·         Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·           Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Generalisasi
·         Menyimpulkan teks Anekdot yang disusun.
70 menit
3
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.
10 menit


E. Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap                  : Observasi
Guru mengamati kegiatan Peserta didik selama dalam proses pemebelajaran.
Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Proaktif
1






2






3







Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1
Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai konsisten
3
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan konsisten
4

        Skor akhir  =  Total skor  X  100  =.........
                              Bobot mak



b.    Penilai Pengetahuan         : Tes tertulis/lisan
menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.


c.    Penilaian Keterampilan    :
Secara individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.


F.  Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar
1.    Media                   : Power Point/LCD
2.    Bahan                   : Lembar Kerja  Siswa (LKS)
3.    Sumber Belajar    :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
























Mengetahui:                                                                            Sabtu, 02 Desember 2017
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,



Muhammad Ikhwan Q.                                                           Muhamad Iqbal    
NIP. …       

1 komentar:

Cara untuk Menghafal Al quran yang Baik

Cara untuk Menghafal Al quran yang Baik Sebagian besar Pondok Pesantren atau Boarding School di Indonesia menetapkan kebijakan untuk pa...