Senin, 29 Januari 2018

Laporan KKN 2018

LAPORAN KEGIATAN KKN SEMESTER GASAL 2017-2018
DI MAN 3 BOGOR DAN TPQ MIFTAHUL HUDA

 



















NAMA
MUHAMAD IQBAL

NIM
170141008




PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN AL HIKMAHSURABAYA
2018



DAFTAR ISI


A.      Jurnal Kegiatan KKN
B.      Jurnal Kegiatan Sit in di MAN 3 BOGOR
C.       Jurnal Kegiatan Pengabdian di TPQ MIFTAHUL HUDA
D.      Kesan dan Pesan
E.       Penilaian Membuka Pembelajaran
F.       Kisah Menarik Selama Sit In
G.      Lampiran
1.      Lembar Penilaian Membuka Pembelajaran
2.      Lembar Observasi
3.      Lembar Kesan Pesan
4.      Jurnal Mengajar TPQ
5.      Dokumentasi (foto-foto kegiatan beserta captionnya)


JURNAL KEGIATAN KKN ANGKATAN 2017
SEMESTER GASAL TA. 2017-2018

Nama Mahasiswa                  :Muhamad Iqbal
Program Studi                       : Pendidikan Bahasa Indonesia

No
Hari, Tanggal
Tempat
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
1
Senin, 15 Januari 2018
Kelas X IIS 1 MAN 3 Bogor
Mengisi Liqo/ kajian Rohis MAN 3 Bogor
Saya mengisi kajian mengenai pembatasan antara siswa Laki-laki dengan siswa perempuan dalam hal-hal tertentu. Menegaskan haramnya “Pacaran”. Mengingatkan kepada anggota Rohis agar senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Swt.
2
Selasa, 16 Januari 2018
Kelas XII IIS 3 MAN 3 Bogor
Sit in
Guru membahas soal-soal UN dan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Siswa menerjakannya dengan cara berdiskusi bersama dengan bimbingan guru Bahasa Indonesia. Hal inspiratif yang saya dapatkan yakni beliau selalu menyisipkan lelucon yang berhubungan dengan mata pelajaran sehingga susana selalu cair dan tidak membosankan.
3
Selasa, 16 Januari 2018
Kelas XII MIA 2 MAN 3 Bogor
Sit in
Guru mengajarkan materi tentang “Iklan” di kelas XII MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 47 orang. Metode yang diterapkan saat mengajar ialah Diskusi kelompok secara aktif. Hal inspiratif yang saya dapatkan ialah beliau mengintegrasikan wawasan kebahasaan dengan ayat Al-Quran dan meluruskan berbagai slogan pada berbagai iklan.
4
Selasa, 16 Januari 2018
Kelas X IIK MAN 3 Bogor
Sit in
Guru mengajarkan materi tentang “Teks Negosiasi” di kelas X IIK. Sebelum mengawali KBM, beliau mengajak dan mengintruksikan siswa di kelas IIK untuk melakukan senam otak kanan sebari bershalawat. Beliau mengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. Beliau juga meminta kepada setiap kelompok untuk memaparkan dan mempresentasikan hasil diskusi mengenai teks negosiasi.
Hal inspiratif yang saya dapatkan ialah beliau memerintahkan mencari berbagai teks negosiasi dari buku di perpustakaan dan internet.
5
Rabu, 17 Januari 2018
Lapangan parkir MAN 3 Bogor
Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Rohis Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bogor melaksanakan program kerja PHBI. Kegiatan maulid ini juga sebagai hari pengukuhan kepengurusan Rohis yang baru. Kegiatan ini juga diisi penceramah sehingga para anggota Rohis serta seluruh siswa MAN 3 Bogor mendapat siraman rohani yang menyejukan hati.
6
Rabu, 17 Januari 2018
SMA Islam Riyadlul Jannah
Penjaringan Mahasiswa Baru
Saya melaksanakan sosialisasi mengenai beasiswa pendidikan S1 kampus STKIP Al Hikmah Surabaya di SMA Islam Riyadlul Jannah. PMB dilaksanakan di 3 kelas XII, yakni kelas XII A, C dan D. Seringkali dijumpai siswa perempuanlah yang sangat antusias atas beasiswa ini padahal Al Hikmah belum menyediakan beasiswa untuk mahasiswa perempuan.
7
Kamis, 18 Januari 2018
Kelas XI MIA 2 MAN 3 Bogor
Praktik Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamong untuk mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MIA 2. Saya menjelaskan materi tentang proposal. Saya mengawali pembelajaran dengan kisah tekad sahabat nabi dalam menuntut ilmu. Saya memberikan tugas yangada di LKS pada siswa mengenai proposal. Setelah selesai mengerjakan, saya menguji kemampuan pemahaman beberapa siswa mengenai proposal. Diakhir pengajaran bahasa Indonesia saya memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi penting pada proposal yang mereka dapatkan dari beberapa sumber (buku atau internet).
8
Kamis, 18 Januari 2018
Kelas X IIS 2 MAN 3 Bogor
Praktik Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamong untuk mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X IIS 2. Saya mengisi KBM dikarenakan guru pamong sedang sakit dan berhalangan hadir sehingga guru pamong tidak bisa mengawasi secara langsung ketika saya mengajar. Saya mengawali pembelajaran dengan kisah tekad sahabat nabi dalam menuntut ilmu. Saya menerapkan diskusi kelompok sepanjang pembahasan materi mengenai teks negosiasi. Saya memberikan pertanyaan, penilaian dan komentar kepada setiap kelompok diskusi yang tampil memaparkan hasil diskusi. Seluruh kelompok diskusi juga turut memberikan pertanyaan dan mengemukakan pendapat mengenai suatu hal yang di presentasikan. Diakhir pembelajaran saya memberikan motivasi dan nasihat agar seluruh siswa senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu.
9
Kamis, 18 Januari 2018
Kelas X IIS 1 MAN 3 Bogor
Praktik Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamong untuk mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas X IIS 2. Saya mengisi KBM dikarenakan guru pamong sedang sakit dan berhalangan hadir sehingga guru pamong tidak bisa mengawasi secara langsung ketika saya mengajar. Saya melanjutkan materi tentang teks negosiasi karena sebelumnya siswa kelas tersebut telah diberi tugas untuk membuat teks negosiasi bersama teman sebangkunya. Saya memberikan penilaian atas penampilan bernegosiasi yang para siswa tunjukan. Di akhir KBM saya memberikan nasihat adab jual beli dalam Al-Quran.
10
Jumat, 19 Januari 2018
Kelas XII IIS 2 MAN 3 Bogor
Praktik Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamong untuk mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia mengenai iklan di kelas XII IIS 2. Saya mengawali pembelajaran dengan kisah tekad sahabat nabi dalam menuntut ilmu. Saya menjelaskan materi tentang iklan. Setelah selesai menjelaskan saya mengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. Saya menugaskan kepada setiap kelompok untuk mencari contoh klan. Di akhir pembelajaran saya memberikan motivasi mengenai pentingnya menuntut ilmu dunia dan akhirat.
11
Jumat, 19 Januari 2018
Kelas XII IIS 1 MAN 3 Bogor
Penjaringan Mahasiswa Baru
Saya melaksanakan sosialisasi mengenai beasiswa pendidikan S1 kampus STKIP Al hikmah Surabaya di MAN 3 Bogor. Sosialisasi berlangsung di ruang kelas XII IIS 1. Seluruh siswa XII IIS 1 nampak antusias memperhatikan sosialisasi beasiswa ini.
12
Sabtu, 20 Januari 2018
Kelas XI IIS 1 MAN 3 Bogor
Praktik Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamong untuk mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia mengenai proposal di kelas XI IIS 1. Saya selalu memastikan kelas dalam keadaan bersih sebelum dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar. Saya memberikan penjelasan mengenai proposal. Saya mengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. Setiap kelompok saya tugaskan untuk mencari informasi penting dari berbagai jenis proposal dan hasil diskusi mengenai proposal harus di presentasikan. Tanya jawab juga dilakukan saat presentasi agar pengetahuan tentang proposal yang mereka dapatkan semakin terasah.
13
Sabtu, 20 Januari 2018
Kelas XI IIK MAN 3 Bogor
Praktik  Mengajar
Saya ditugaskan oleh guru pamng untuk mengajar di kelas XI IIK. Hal itu dilakukan agar kemampuan mengajar saya semakin baik. Materi yang saya sampaikan yakni tentang proposal. Saya memulai KBM dengan terlebih dahulu mengulas materi sebelumnya. Saya juga menjelaskan betapa pentingnya pengetahuan mengenai proposal dalam  kehidupan sehari-hari. Saya menjelaskan mengenai proposal. Saya memberikan Tugas Mandiri mengenai proposal. Diakhir pengajaran saya juga memberikan kesimpulan mengenai proposal. Saya memberikan tugas kelompok yakni mencari informasi penting yang ada di proposal. Saya juga memberikan nasihat mengenai adab seorang muslim.
14
Sabtu, 20 Januari 2018
Kelas XI IIS 1 MAN 3 Bogor
Evaluasi Pengetahuan Kepramukaan dan Berbagi Pengalaman
 Saya melakukan kunjungan ambalan. Kebetulan saya merupakan anggota DA periode 2015/2016. Saya memberi nasihat kepada seluruhanggota pramuka terutama kelas X. Saya juga mengevaluasi pengetahuan seluruh anggota pramuka mengenai arti kiasan yang ada di bedge yang mereka jadikan atribut pramuka. Saya juga berbagi pengalaman mengenai suka-duka ketika saya menjadi anggota dan pengurus di kepramukaan. Diakhir saya berfoto bersama dan membuat video jargon bersama seluruh anggota kelas X serta DA kelas XI di lapangan utama MAN 3 Bogor
15
Senin, 22 Januari 2018
Kelas XII IIS 3 MAN 3 Bogor
Penjaringan Mahasiswa Baru
Saya melaksanakan sosialisasi mengenai beasiswa pendidikan S1 kampus STKIP Al Hikmah Surabaya di MAN 3 Bogor. Sosialisasi berlangsung di ruang kelas XII IIS 3. Seluruh siswa XII IIS 3 nampak antusias memperhatikan sosialisasi beasiswa ini.
16
Senin, 22 Januari 2018
Kelas XII MIA 2 MAN 3 Bogor
Penjaringan Mahasiswa Baru
Saya melaksanakan sosialisasi mengenai beasiswa pendidikan S1 kampus STKIP Al Hikmah Surabaya di MAN 3 Bogor. Sosialisasi berlangsung di ruang kelas XII MIA 2. Seluruh siswa XII MIA 2 nampak antusias memperhatikan sosialisasi beasiswa ini.

Bogor, 22 Januari 2018
                                                                                                                                                                                                                                                Mahasiswa




                                                                                                                                                                                                                                                __________________________
                                                                                                                                                                                                                                                NIM. 170141008

JURNAL KEGIATAN SIT IN ANGKATAN 2017
KKN SEMESTER GASAL 2017-2018
                                               
Nama Mahasiswa                  :Muhamad Iqbal
Program Studi                       : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama Sekolah                        : MAN 3 BOGOR

No
Hari, Tanggal
Waktu
Kelas
Materi
Jumlah Siswa
Catatan Inspiratif Selama Sit in
1
Selasa, 16 Januari 2018
07.15-08.45

XII IIS 3
Pembahasan Soal UN
37 Siswa
Guru selalu bersikap ramah dan memberikan ekspresi senang kepada siswa.
2
Selasa, 16 Januari 2018
08.45-10.00

XII MIA 2
Iklan
47 Siswa
Guru selalu menyisipkan lelucon terhadap materi pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa.
3
Selasa, 16 Januari 2018
10.15-11.45

X IIK
Teks Negosiasi
       39 Siswa
Guru memberikan apersepsi yang efektif sebelum memulai pembelajaran dan memanfaatkan buku di perpustakaan juga internet sebagai sumber belajar siswa.
4
Kamis, 25 Januari 2018
08.45-10.00

XI MIA 2
Proposal
        46 Siswa
Guru selalu bersemangat dan antusias sepanjang pembelajaran berlangsung.


Bogor,22 Januari 2018.

Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                        Mahasiswa
Kepala Sekolah




_______________________                                                                                                                                                                                                                     __________________________
NIP.                                                                                                                                                                                                                                                       NIM.170141008



JURNAL KEGIATAN PENGABDIAN DI TPQ MAHASISWA ANGKATAN 2017
KKN SEMESTER GASAL 2017-2018

Nama Mahasiswa                  :Muhamad Iqbal
Program Studi                       : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama TPQ                              :MIFTAHUL HUDA

No
Hari, Tanggal
Waktu
Deskripsi Kegiatan
Ustadz/Ustadzah
Nama
TTD
1
Selasa, 16 Januari 2018
15.30-17.00 WIB
Saya membimbing peserta didik mengaji dan menguji hafalan juz 30. Jumlah peserta didik TPQ Miftahul Huda yang hadir adalah 20 anak.


2
Senin, 22 Januari 2018
15.30-17.00 WIB
Saya membimbing peserta didik mengaji, melafalkan fiqih, dan menguji hafalan juz 30. Jumlah peserta didik TPQ Miftahul Huda yang hadir adalah 15 anak.


3
Selasa, 23 Januari 2018
14.30-15.30 WIB
Saya membimbing peserta didik mengaji. Jumlah peserta didik TPQ Miftahul Huda yang hadir adalah 20 anak.


4
Rabu, 24 Januari 2018
14.30-17.00 WIB
Saya membimbing peserta didik mengaji dan menguji hafalan juz 30. Jumlah peserta didik TPQ Miftahul Huda yang hadir adalah 20 anak.


5
Kamis, 25 Januari 2018
15.30-16.30 WIB
Saya membimbing peserta didik TPQ Miftahul Huda untuk menghafal QS, An-Naziat. Jumlah peserta didik adalah 15 orang.


6
Jumat, 26 Januari 2018
15.30-16.30 WIB
Saya membimbing peserta didik TPQ Miftahul Huda untuk mengaji QS. Yaasin. Jumlah peserta didik adalah 15 orang.








Bogor, 22 Januari 2018
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                        Mahasiswa
Kepala TPQ




_______________________                                                                                                                                                                                                     __________________________
NIP.                                                                                                                                                                                                                                       NIM. 170141008


KESAN DAN PESAN GURU PAMONG
SELAMA KEGIATAN SIT IN
MAHASISWA STKIP AL HIKMAH ANGKATAN 2017


Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Program Studi                  : Pendidikan Bahasa Indonesia
Sekolah                                : MAN 3 BOGOR
Nama Guru Pamong      : Edi Ruhaedi, S.Pd

KESAN (Sikap, komunikasi, tata krama, kedisiplinan, prcaya diri, kerapian, dsb)
Selama pelaksanaan KKN Semester 1 pada MAN 3 Bogor, mahasiswa menunjukan aktivitas dan semangat belajar yang tinggi.


PESAN (untuk perbaikan mahasiswa dan program praktik KKN STKIP Al Hikmah)
Dalam berkomunikasi agar lebih memahami etika-etika berkomunikasi  lebih baik lagi.





                                                                                                                        Bogor,22 Januari 2018
        Guru Pamong MAN 3 BOGOR



  ______________________










KESAN DAN PESAN GURU PAMONG
SELAMA KEGIATAN SIT IN
MAHASISWA STKIP AL HIKMAH ANGKATAN 2017


Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Program Studi                  : Pendidikan Bahasa Indonesia
Sekolah                                : MAN 3 BOGOR
Nama Guru Pamong      : M. Muhidin, S.Pd. I

KESAN (Sikap, komunikasi, tata krama, kedisiplinan, percaya diri, kerapian, dsb)
 Sikap, komunikasi, tata krama, kedisiplinan, percaya diri, kerapian baik.


PESAN (untuk perbaikan mahasiswa dan program praktik KKN STKIP Al Hikmah)
Tingkatkan lagi kreativitas dan inovasinya dalam menyampaikan materi.





                                                                                                                                   Bogor, 22 Januari 2018
   Guru Pamong MAN 3 BOGOR



           ______________________











KESAN DAN PESAN GURU PAMONG
SELAMA KEGIATAN SIT IN
MAHASISWA STKIP AL HIKMAH ANGKATAN 2017


Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Program Studi                  : Pendidikan Bahasa Indonesia
Sekolah                                : MAN 3 BOGOR
Nama Guru Pamong      : Netty Mulyati, S.Pd

KESAN (Sikap, komunikasi, tata krama, kedisiplinan, percaya diri, kerapian, dsb)
 Sangat baik.


PESAN (untuk perbaikan mahasiswa dan program praktik KKN STKIP Al Hikmah)
Lebih komunikatif  lagi, agar anak-anak dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh baik di dalam kelas maupun di luar kelas serta dimunculkan lagi inovasi-inovasi lainnya.





                                                                                                                                   Bogor, 22 Januari 2018
   Guru Pamong MAN 3 BOGOR



  ______________________








KESAN DAN PESAN GURU TPQ
SELAMA KEGIATAN PENGABDIAN TPQ
MAHASISWA STKIP AL HIKMAH ANGKATAN 2017


Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Program Studi                  : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama TPQ                         : MIFTAHUL HUDA
Nama Guru TPQ              : Ustaz Dedi Setiadi

KESAN (selama mengabdi di TPQ: sikap, kemampuan mengajar, komunikasi, kesantunan, tata krama, dsb)
Sikap, komunikasi, tatakrama, kedisiplinan, percaya diri, kerapian baik. Hanya perlu ditingkatkan.

PESAN (untuk perbaikan mahasiswa dan program pengabdian di TPQ)
Dikala mengajar ngaji harus tetap fokus. Lebih memberikan perhatian pada setiap anak.




                               
        Bogor, 22 Januari 2018
Guru Pamong TPQ MIFTAHUL HUDA



  ______________________


KESAN DAN PESAN SANTRI TPQ KEPADA MAHASISWA
KEGIATAN KKN 2018
MAHASISWA STKIP AL HIKMAH ANGKATAN 2017


Nama TPQ                         : Miftahul Huda
Alamat TPQ                       : Kp. Menan Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor
KESAN (sikap, komunikasi, tata krama, kedisiplinan, percaya diri, kerapian,dsb.)
Untuk kesan saya selama mahasiswa ini berada disini dia sangat membantu dalam hal membimbing anak-anak.               
PESAN (untuk perbaikan mahasiswa dan program KKN STKIP Al Hikmah)
Diharapkan kepada mahasiswa ini agar lebih disiplin dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam hal belajar maupun mengajar. Semoga kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat lagi berkah.




Penilaian Membuka Pembelajaran


Penilaian 1
Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Hari, Tanggal                    : Kamis, 18 Januari 2018
Nama Sekolah/Kelas     : MAN 3 Bogor/ X IIS 2                
Materi                                  : Teks Negosiasi
Guru Penilai                      : Netty Mulyati, S.Pd


Aspect                                               
1.       Apersepsi                                                    3
2.       Kesiapan siswa                                        4
3.       Mendoakan siswa                                   4
4.       Siswa dan kelas bersih rapi                4
5.       Pentingnya pelajaran                            3
6.       Percaya diri                                               4
7.       Antusias                                                      4
Rata-rata (wajib dihitung)            74,28

*wajib diisi apabila guru pamong menambahkan penilaian kekurangan kelebihan pada lembar penilaian
Kelebihan (kesan Guru)

·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
Kekurangan Pesan Guru

·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................
·         ..................................................................................


Penilaian Membuka Pembelajaran


Penilaian 2
Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Hari, Tanggal                    : Jumat, 19 Januari 2018
Nama Sekolah/Kelas     : MAN 3 Bogor/ XII IIS 2                             
Materi                                  : Iklan
Guru Penilai                      : Edi Ruhaedi, S.Pd


Aspect                                               
8.       Apersepsi                                                    4
9.       Kesiapan siswa                                        4
10.   Mendoakan siswa                                   4
11.   Siswa dan kelas bersih rapi                4
12.   Pentingnya pelajaran                            3
13.   Percaya diri                                               4
14.   Antusias                                                      4
Rata-rata (wajib dihitung)            7,71

*wajib diisi apabila guru pamong menambahkan penilaian kekurangan kelebihan pada lembar penilaian
Kelebihan (Kesan Guru)

·         Setelah mengucap/ menyampaikan salam mahasiswa membuka materi dengan menjelaskan pentingnya menuntut ilmu dan manfaat ilmu (untuk ilmu dunia dan akhirat) sehingga siswa termotivasi untuk lebih semangat lagi untuk belajar.
Kekurangan (Pesan Guru)

·         Sebaiknya sebelum menyampaikan materi yang baru mahasiswa mengulang/ menyampaikan kembali materi yang sudah dipelajari oleh siswa agar materi satu dengan yang lainnya nyambung.
·         Sebaiknya mahasiswa/ calon guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi hasl diskusi yang disampaikan oleh kelompok diskusi yang lain.











Penilaian Membuka Pembelajaran


Penilaian 3
Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Hari, Tanggal                    : Sabtu, 20 Januari 2018
Nama Sekolah/Kelas     : MAN 3 Bogor/ X I IIS 3              
Materi                                  : Proposal
Guru Penilai                      : Edi Ruhaedi, S.Pd


Aspect                                               
15.   Apersepsi                                                    5
16.   Kesiapan siswa                                        4
17.   Mendoakan siswa                                   4
18.   Siswa dan kelas bersih rapi                4
19.   Pentingnya pelajaran                            3
20.   Percaya diri                                               4
21.   Antusias                                                      4
Rata-rata (wajib dihitung)            8

*wajib diisi apabila guru pamong menambahkan penilaian kekurangan kelebihan pada lembar penilaian
Kelebihan (Kesan Guru)

·         Mahasiswa/ calon guru memvuka pembelajaran dengan kalimat-kalimat yang efektif.

Kekurangan (Pesan Guru)

·         Membuka pembelajaran dengan vocal/ artikulasi dan intonasi yang baik agar mudah dipahami secara baik oleh siswa.
·         Calon guru sebelum melanjutkan materi harus menyambungkan dengan materi sebelumnya agar materi berkesinambungan.
·         Calon guru/ mahasiswa harus menyampaikan pentingnya materi pembelajaran secara jelas.











Penilaian Membuka Pembelajaran


Penilaian 4
Nama Mahasiswa            : Muhamad Iqbal
Hari, Tanggal                    : Kamis, 18 Januari 2018
Nama Sekolah/Kelas     : MAN 3 Bogor/ XI MIA 2            
Materi                                  : Proposal
Guru Penilai                      : M. Muhidin, S.Pd. I


Aspect                                               
22.   Apersepsi                                                    3
23.   Kesiapan siswa                                        3
24.   Mendoakan siswa                                   3
25.   Siswa dan kelas bersih rapi                4
26.   Pentingnya pelajaran                            3
27.   Percaya diri                                               4
28.   Antusias                                                      3
Rata-rata (wajib dihitung)            65,71

*wajib diisi apabila guru pamong menambahkan penilaian kekurangan kelebihan pada lembar penilaian
Kelebihan (Kesan Guru)

·         Mengondisikan siswa untuk membersihkan ruangan kelas.
·         Memberikan motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai dengan referensi hadist Nabi.
Kekurangan (Pesan Guru)

·         Siswa dikondisikan agar benar-benar siap menerima materi pembelajaran.
·         Siswa diberikan stimulus berupa pertanyaan, kuis sebelum kegiatan inti (materi yang sudah diberikan/ yang akan diberikan)















KISAH MENARIK DAN INSPIRATIF SIT IN
DI MAN 3 BOGOR

 SERPIHAN KENANGAN PRAMUKA MAN 3 BOGOR

           

           
            Salam Pramuka! Salam... pada hakikatnya mennjadi seorang paramuka merupakan sebuah kebanggaan dan kebahaggiaan tersendiri. Lihatlah pakaian yang kami kenakan, melekat  berbagai atribut pelengkap. Terlihat gagah dan berwibawa di mata. Setiap atribut memiliki arti dan makna masing-masing. Selain itu, kebersamaan, kedisiplinan, kekompakan, kecekatan, kecerdasan. Ketangkasan, dan lain-lain menjadi identitas utama yang dimiliki setiap anggota organisasi ini. Setia, siap, dan sedia merupakan jiwa setiap anggota pramuka. Memantapkan jiwa dan raga agar selalu tampil maksimal serta memukau dalam menunjukan akksi, kreasi dan kreativitas di mata dunia.
Hal unik dan baru selalu membuat seluruh anggota pramuka tergambar senyum hingga tawa di muka. Menyenangkan dan menghilangkan kejenuhan meskipun penat berkeringat. Setiap tetasan keringat selalu menyimpan kenangan dan kisah yang tak akan pernah terlupakan. Disinilah serpihan itu kembali terkumpul menjadi satu. Rasanya kenangan dhulu terputar kembali dalam memori otak ketika raga bergabung melakukan kunjungan ambalan. Sambutan hangat seluruh anggota pramuka MAN 3 Bogor membuat moment indah dan menggembirakan.
            “Selamat datang Kakak... selamat datang Kakak... selamat datang kami ucapkan...terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama...!” lagu khas itu sangat ramai berkumandang memenuhi ruangan. Bergetar kaki ketika hendak melangkah masuk ke dalam ruangan. Dorongan para Dewan Ambalan yang mempersilahkan saya masuk telah memenuhi daunn telinga. Tak pikir panjang lagi saya langsung masuk ke dalam ruangan dan mengangkat tangan kanan sembari mengepal yang menandakan saya memerintahkan agar seluruh anggota pramuka di ruangan tersebut diam. Saya menatap tajam seluruh anggota pramuka dan melemparkan senyuman. “Salam pramuka!” “salam!” sembari hormat mereka membalas penuh dengan semangat  Tergambar jelas wajah-wajah penasaran, bingung dan tegang ketika melihat saya. Wajar saja karena saya memang baru muncul di hadapan para anggota pramuka kelas X. Dahulu ketika kunjungan ambalan 2017 saya tidak melakukan perkenalan seperti yang dilakukan rekan-rekan saya para dewan kehormatan. Saya mencoba mencairkan suasana terlebih dahulu sebelum melakukan perkenalan diri. Melakaukan permainan. Sekadar yel-yel juga saya berikan. Seluruh anggota pramuka menanggapi dengan antusias, seru dan menyenangkan. Setelah itu barulah saya melakukan perkenalan diri. “perkenalkan nama saya Muhamad Iqbal, mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya prodi pendidikan bahasa Indonesia semester 1.” Tegas kuucapkan. Semuanya langsung mengangguk paham. Setelah melakukan perkenalan diri, saya meminta setiap anggota pramuka untuk memperkenalkan diri masing-masing. Perkenalan yang mereka lakukan nampak sekali gugup terlebih ketika saya meminta mereka untuk lebih tegas dan lantang ketika memperkenalkan diri.
            Monolog seputar kepramukaan saya ungkapkan di hadapan seluruh anggota baru. Tak lupa nasihat dan motivasi disisipkan diantara monolog tersebut. Seluruh anggota pramuka yang berada di ruangan itu diam dan memperhatikan. Saat itu saya sangat takut bahwa pembicaraan yang dibawakan akan membuat bosan karena semua perhatian terpusat pada saya. Terpikir sebuah ide untuk membuat obrolan kala itu tidak garing saya langsung bungkam. Semua orang yang ada di dalam ruangan nampak bingung atas sikap yang saya tunjukan. Tiba-tiba saya berkata “Hai!” spontan mereka membalas “Halo!” saya pun mengingatkan mereka untuk selalu bersikap kritis sebagai seorang pramuka. Tak lama saya mengingatkan mengenai hal tersebut, tepat di tempat duduk paling belakang ada yang mengacungkan tangan. Saya pikir dia hendak izin eluar ruangan, ternyata dia ingin bertanya pada saya. Saat itu dia bertanya mengenai pengalaman saya dimasa putih-abu menhikuti pramuka. Saya langsung menveritakan pengalaman suka-duka di pramuka.
            Pramuka selalu menciptakan pelangi yang indah di akhir masanya. Suka-duka di  pramuka terasa indah dikala semuanya mampu dilalui dengan usaha dan kerja keras. Bersama-sama tersenyum, tertawa, dan menangis menjadi santapan biasa yang luar biasa. Tak ternilai harga seluruh pengalaman yang telah banyak mengukir sejarah. Pengalaman suka-duka di pramuka itu seperti kopi yang pahit namun terasa nikmat setelah semuanya diteguk. Panjang lebar saya bercerita mengenai pengalaman. Di akhir saya juga menguji beberapa anggota pramuka yang hadir di ruangan tersebut mengenai arti dan makna setiap atribut pramuka yang mereka kenakan. Sungguh menakjubkan, seluruh anggota yang saya beri pertanyaan menjawabnya secara lengkap dan benar. Alhamdulillah... saya sangat bersyukur pada Allah karena kemampuan para anggota pramuka kelas X telah menguasai sebagian wawasan di  kepramukaan. Puas rasanya dapat melakukan kunjungan ambalan setelah sekian lama marantau menuntut ilmu.
Sempurnalah serpihan kenangan setelah enam bulan saya menunggu moment berkumpul bersama Dewan Ambalan dan angggota pramuka MAN 3 Bogor.

(min 500 Kata)












KISAH MENARIK DAN INSPIRATIF MENGAJAR TPQ
DI TPQ BABUSALAM


GENERASI MUDA PENEGAK AGAMA ALLAH

           

Dimanapu dan kapanpun kita berada wajib melakukan kegiatan dakwah serta menegakan nama Allah swt. Itulah kewajiban seorang muslim. Saling berbagi, menyayangi dan menghormati ciri utama muslim yang baik. Generasi penerus bangsa harus dididik sebaik mungkin agar bangsa Indonesia memiliki generasi emas yang sholeh juga cerdas. Bangsa Indonesia juga dapat menjadi negara yang maju apabila dipimpin dan dikelola oleh manusia yang jujur serta berakhlak tinggi.
            Dimulai dari sinilah para anak-anak dididik pengetahuan agama islam. Menjadi awal tonggak yang mengokohkan bangunan/ rencana besar bangsa Indonesia agar menjadi negara yang maju. Setiap anak diberi pengetahuan keagamaan yang banyak dan berkualitas. Mengaji al quran dan mengkaji ilmu fiqih menjadi aktivitas utama TPQ Miftahul Huda. Program hafalan juz 30 mulai dilaksanakan sehingga dibutuhkan kesabaran ekstra dalam mendidik anak-anak yang mayoritas masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar).
            Disinilah saya banyak belajar dan memahami bahwa kemampuan dari setiap anak berbeda. Setiap anak memiliki cara belajarnya masing-masing. Keunikan dan keberagaman cara belajar lahir dari sini. Melatih cara berpikir seoang guru serta dituntut kreatif agar setiap anak tidak bosan dalam melangsungkan pembelajaran agama.
            Para generasi penerus bangsa ini sangat bersemangat dalam belajar agama. Terlebih lagi banyak anak yang hyperaktif sehingga membuat guru ngaji kewalahan termasuk saya. Tterkadang disaat sedang membimbing anak-anak mengaji ada saja yang bercanda hingga menangis. Seperti kejadian pada tanggal 24 Januari 2018. Disaat saya mengajarkan seorang anak mengaji, dari kejauhan ada seorang anak yang bertengkar dengan teman sebaya dikarenakan sandalnya dilemparkan jauh dari tempat semula. Sungguh kejadian yang menjengkelkan dan menguji kesabaran. Kesabaran ekstra harus ditingkatkan dan dimunculkan agar segala macam permasalahan dapat teratasi dengan baik.
            TPQ Miftahul Huda juga menyelenggarakan program hafalan juz 30 yang ditujukan kepada peserta didik yang mengaji di tingka Al quran. Program ini sangat membantu saya karena bisa berkesempatan muroja’ah juz 30 sembari mengajar di TPQ.
Mencari peluang untuk menghafal Al quran cukup sulit karena lingkungan yang kurang kondusif. Oleh sebab itu, mengajar di TPQ lah tempat paling sempurna untuk menghafal Al quran.
            Setiap saya mengajar di TPQ Miftahul Huda, saya selalu memulai dengan nansihat ataupun motivasi keagamaan. Seperti kenikmatan para penghafal Al quran, keutamaan menuntut ilmu dan keutamaan belajar serta mengajarkan Al quran pada setiap anak. Hal itu selalu membuat setiap anak termotivasi dan semakin antusias ketika saya mengajar di TPQ tersebut. Sungguh menyenangkan dan menantang setiap kali tampil mengajar di TPQ Miftahul Huda.

            Terdapat satu pengalaman unik juga ketika pertama kali meminta izin ke ustaz untuk membantu mengajar di TPQ. Saat itu saya mendatangi seorang ustaz muda yang sedang duduk di dalam masjid. Saya menyalami ustaz tersebut sekaligus meminta izin mengajar. “Assalamualaikum Ustaz.” Ujar saya mengucapkan salam. “Waalaikumussalam, ini teh Iqbal? Kumaha damang? Tara katingalian geuning, kaman wae?” ujar sang Ustaz. “Muhun Ustaz, ini teh Iqbal. Sae pisan atuh Taz... Iqbal teh karek uih ti Surabaya... kuliah diditu.” Ujar saya menjawab. Begitulah seterusnya kami berdua bercakap-cakap menggunakan bahasa Sunda. Saya dengan Ustaz muda tersebut memanglah akrab semenjak duduk di bangku SD telah belajar banyak darinya. Setelah bercakap-cakap banak, akhirnya sang Ustaz muda tersebut menanyakan maksud dan tujuan saya menemuinya. Saya segera memberikan penjelasan bahwasanya terdapat tugas dari kampus untuk mengajar ngaji. Sang Ustaz pun menanggapi dengan baik dan mempersilahkan. Sang Ustaz pun memberi opsi mengenai waktu pelaksanaan mengajar ngaji. Sang Ustaz memberikan pilihan wakttu pelaksanaan antara pukul lima sore sampai maghrib atau setelah isya sampai jam sembilan malam. Saya terdiam sejenak dan terheran-heran. Keheranan itu sangat beralasan karena saya berniat mengajar ngaji anak-anak bukan orang dewasa. Sepengetahuan saya pukul lima sampai sembilan merupakan waktunya para santri salaf mengaji dan belajar  kitab. Setelah terdiam cukup lama, saya menanyakan kembali kepada sang Ustaz muda tersebut. Ternyata benar saja sang Ustaz memberikan opsi kepada saya untuk mengajar para santri. Disinilah saya  meluruskan bahwasanya saya berkeinginan mengajar anak-anak menagaji. Setelah itu barulah sang Ustaz muda tersebut paham dan angsung memberikan izin untuk mengajar anak-anak mengaji.  Waktu pelaksanaannya yakni dri pukul 14.30 s.d 16.30 WIB. Saya pun menyetujui ucapan sang Ustaz muda tersebut. Akhirnya saya dapat mengajar di TPQ Miftahul Huda selama 6 hari.












(Min 500 Kata)


























KISAH MENARIK DAN INSPIRATIF SIT IN
DI MAN 3 BOGOR

GURU DADAKAN
Suatu hari aku tengah bersiap untuk melaksanakan kegiatan KKN Semester 1 di MAN 3 Bogor. Aku telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk mengamati cara guru senior mengajar. Dimulai dari alat tulis sampai penampilan pribadi aku siapkan sebaik-baiknya. Citraku sebagai guru harus tetap dijaga sebagaimana mestinya. Guru merupakan seorang yang menjadi teladan semua orang khususnya para siswa. Selesai mempersiapkan diri, aku langsung berangkat ke sekolah. Perjalanan sejauh 400 meter harus kutempuh dengan berjalan kaki. Menghabiskan waktu sepuluh menit untuk berjalan menuju sekolah. Tak terasa melelahkan karena sudah terbiasa berjalan kaki ke sekolah. Dahulu pun sekolah menjadi rumah keduaku. Hal tersebut cukup beralasan. Aku merupakan aktivis sekolah yang sering sekali menghabiskan waktu seharian di sekolah. Semua itu aku lakukan dengan semangat dan antusias tanpa keluhan sedikitpun.
Sesampainya di sekolah, aku langsung menyapa satpam yang biasa berjaga di pos keamanan MAN 3 Bogor. Terlihat jelas dari pos satpam banyak guru yang telah berdatangan ke ruang guru. Aku langsung bersegera menuju ke ruang guru. Malu rasanya saat kaki melangkah masuk ke dalam ruang guru. Banyak guru yang kali ini memperhatikanku. Aku pun tidak terlalu mempedulikannya. Aku langsung menyalami seluruh guru yang ada diruang guru. Setelah selesai menyalami seluruh guru, aku langsung menghampiri seorang guru pamong yang tengah bersiap ke kelas. “AssalamualaikumBu.”
“Waalaikumusslam, eh Iqbal.”
Mohon izin berbicara Bu.”

“Iya silahkan.”
“Apakah saya boleh ikut masuk ke kelas X IIS 2 bersama Ibu hari ini?”
“Oh iya boleh, tapi sepertinya Ibu gak masuk ke kelas. Ibu merasa hari ini kurang sehat.”
“Oh gitu ya Bu, terus bagaimana?”
Pada saat aku bertanya seperti itu, sedikit mengumpat dalam diam. "Pasti aku akan di suruh mengajar!" ujarku dengan suara yang tak bisa didengar guru pamong. 
"Ya sudah, kamu gantikan Ibu saja mengajar di kelas X IIS 2! Sanggupkan?" ujar beliau dengan tegas.
Rasanya cukup berat memutuskan sebuah hal yang sebelumnya tak terpikirkan serta belum dipersiapkan. Sejenakku diam dan berpikir untuk memutuskan hal tersebut.
"Bal, kok malah diam?"ujar Bu Netty sembari menatap wajahku. Terlihat wajah beliau yang pucat dan agak lesu.
"Iya sanggup Bu." jawabanku yang juga membuat senyuman terukir di wajah beliau.
"Oke, kalo gitu kamu pakai Buku LKS B. Indonesia Ibu sebagai bahan ajar di kelas."
"Siap Bu!"aku langsung bergegas berangkat ke kelas X IIS 2 untuk menunaikan tugas pertamaku mengajar. Kegugupan dan ketidak percayaan diri itu seolah datang dan menyelimuti diriku. Aku mencoba menenangkan diri dan mengatur nafas agar detak jantung yang semakin tidak karuan ini normal kembali. Aku juga berusaha membaca cepat dan memahami setiap poin penting yang terdapat di buku LKS sebagai bahan ajar di kelas. Beruntung materi yang akan dibahas mengenai teks negosiasi sehingga diriku mudah untuk memahami materi tersebut. Kakiku terus menelusuri koridor kelas XII. Tak lama kemudian tibalah di kelas X IIS 2. Aku terdiam sejenak di depan kelas X IIS 2. Menarik nafas panjang dan setegas mungkin mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum wr.wb!"serentak para siswa kelas X menjawab salamku dengan penuh semangat. Aku mencoba tetap tenang dan menjaga sikap di depan para siswa. Langkah pertama yang kulakukan ialah memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri sebagai mahasiswa dan alumni MAN 3 Bogor merupakan suatu kebanggaan. Para siswapun memperhatikan dengan seksama. Selesai memperkenalkan diri, aku langsung memberikan kisah mengenai perjuangan sahabat nabi dalam menuntut ilmu. Selepas bercerita akupun  menjelaskan sedikit mengenai teks negosiasi dan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok diskusi. Aku menerapkan sistem belajar diskusi kelompok. Aku mengintruksikan kepada setiap kelompok untuk mencari dua contoh teks negosiasi dan memperagakannya di hadapan para siswa kelas X IIS 2. Setiap kelompok cukup baik dalam memperagakan teks negosiasi yang telah didapatkan dan ditulis. Aku pun memberikan penilaian kepada setiap kelompok yang tampil. Tak terasa proses KBM telah berakhir. Sebelumnya aku mengira proses KBM akan berjalan membosankan. Ternyata KBM berjalan dengan menyenangkan.
 Setelah KBM selesai, aku menutupnya dengan memberi motivasi tentang pentingnya menuntut ilmu dunia dan akhirat. Mengingatkan kepada siswa betapa pentingnya bersyukur karena bisa bersekolah di MAN 3 Bogor. Alhamdulillah... tugas pertamaku berjalan lancar. Aku keluar kelas dengan perasaan senang. Timbul keinginan untuk terus mengajar dan belajar.



























Lampiran
1.      Lembar Penilaian Membuka Pembelajaran
2.      Lembar Observasi
3.      Lembar Kesan Pesan
4.      Jurnal Mengajar TPQ
5.      Dokumentasi (foto-foto kegiatan beserta captionnya)

































DOKUMENTASI KEGIATAN KKN SEMESTER 1
 










1.1 Kegiatan Belajar Mengajar oleh guru pamong dengan metode diskusi kelompok
 










1.2 Kegiatan apersepsi sebelum memulai KBM di kelas X IIK dipimpin langsung oleh guru pamong











z

 










1.3 Guru pamong sedang menjelaskan materi proposal pada kelas XI
 










1.4 Praktik mengajar dengan metode diskusi kelompok di kelas XII IIS 2





 










1.5 Praktik mengajar di kelas XI MIA 2, sedang menjelaskan mengenai proposal
 










1.6 Kunjungan ambalan sekaligus menguji pengetahuan kepramukaan anggota pramuka kelas X dan berbagi pengalaman



 










1.7 Praktik mengajar di kelas X IIS 2
 










1.8 PMB STKIP Al Hikmah Surabaya di SMA Islam Riyadlul Jannah





 










1.9 Praktik mengajar di TPQ Miftahul Huda
 










1.10 PMB STKIP Al Hikmah Surabaya setelah selesai praktik mengajar di kelas XII MAN 3 Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara untuk Menghafal Al quran yang Baik

Cara untuk Menghafal Al quran yang Baik Sebagian besar Pondok Pesantren atau Boarding School di Indonesia menetapkan kebijakan untuk pa...